Menggabungkan Video

Menggabungkan (merge) dua atau lebih file video di sini artinya menggabungkan file-file video sejenis yang terpisah menjadi satu file gabungan yang utuh. File MPG dan FLV merupakan file video yang banyak tersedia di internet, khususnya file FLV yang jadi format standar youtube.com, sering dipecah menjadi bagian per bagian karena batasan dan kemudahan dalam upload file tersebut dibandingkan dengan mengupload dalam ukuran aslinya yang besar.

Masalahnya setelah didownload, file bagian-bagian tersebut ingin disatukan menjadi file utuh, karena sangat tidak nyaman menonton video secara bagian per bagian. Nah, banyak pilihan bagi anda, bisa pakai software bayar atau gratisan yang banyak tersedia di internet, atau bisa juga menggunakan cara sederhana berikut ini:


1. Buka aplikasi notepad atau text editor lainnya.

2. Ketikan "copy /b *.flv FullMovie.flv" (tanpa tanda kutip)


3. Simpan dengan nama file terserah anda, dan ubah extensinya jadi *.bat, misal "JoinFLV.bat". Agar file berubah menjadi ekstensi *.bat, gunakan tanda kutip ganda tersebut di jendela konfirmasi penyimpanan.



4. Letakkan file JoinFLV.bat yang baru kita buat itu ke dalam folder yang sama dimana file *.flv akan di gabungkan.

5. Klik 2x pada file *.bat tersebut.


6. Akan terbentuk file hasil join dengan nama "FullMovie.flv".



catatan: cara yang sama bisa digunakan untuk file *.mpg dengan mengubah ekstensinya dari FLV menjadi MPG. Jadi pada langkah 1 yang harus ditulis adalah "copy /b *.mpg FullMovie.mpg" (tanpa tanda kutip)

Artikel Lainnya :

Komentar
Comments
0 Comments

Silahkan tulis komentar anda

 

Rifuzzy Blogs Copyright © 2011 -- Template created by Blogger -- For Rifuzzy