Biaya Untuk Bekerja di Korea

Sekedar info aja bagi yang ingin bekerja di Korea. Mungkin banyak yang berfikiran bekerja di Korea itu mahal. Tidak sedikit orang yang terjebak oleh calo-calo yang mengharuskan mengeluarkan uang sampai puluhan juta rupiah untuk bisa bekerja di Korea.

Untuk masyarakat awam pada umumnya tidak begitu mengetahui tentang prosedur yang benar dalam mengurus dokumen keberangkatan ke Korea. . Upah bekerja disana memang sangat menggiurkan, Karena itu, berapapun yang diminta calo atau sponsor asalkan bisa berangkat ke Korea, calon TKI akan membayarnya. Ketidaktahuan para calon TKI ini sering dimanfaatkan oleh calo dengan menjanjikan keberangkatan ke Korea dengan pengurusan yang mudah, dijamin kerja dalam waktu cepat.

Dari informasi yang saya baca di internet, ternyata yang sering dimanfaatkan oleh para calo adalah saat SENDING DATA ke korea. Di website resmi BNP2TKI jelas mengatakan :
3. Apakah sending data TKI ke Korea harus bayar?
+Untuk dapat disending tentunya harus mengirimkan berkas lamaran yaitu formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap dengan melampirkan persyaratan:
1. Foto copy KTP yang masih berlaku;
2. Foto Copy Kartu Keluarga;
3. Foto Copy Ijasah Pendidikan terakhir;
4. Foto Copy Sertifikat lulus KLPT;
5. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm;
6. Asli surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari polisi domisili calon TKI;
7. Asli surat keterangan sehat mental dan fisik termasuk batas pAndang dan buta dari Dokter/klinik yang telah ditunjuk;
8. Asli tAnda bukti pendaftaran sebagai pencari kerja dari dinas kab/kota(Kartu AK I);
9. Asli surat Ijin dari:

- Orang tua bagi yang belum keluarga atau
- Wali bagi yang belum berkeluarga namun orangtua sudah meninggal atau
- Suami bagi istri yang akan bekerja ke Korea atau
- Istri bagi suami yang akan bekerja ke Korea.

Surat ijin tersebut harus diketahui lurah/kepala desa domisili calon TKI.
Berkas lamaran dihimpun dalam stopmap warna merah dan dimasukan ke amplop warna coklat dikirim ke PO BOX 4451 JKTM, 12700.
Berkas lamaran yang masuk akan di Validasi dan yang memenuhi syarat dan lengkap pasti di Sending dan tidak bayar (gratis).
Nama-nama calon TKI yang sending dapat dilihat pada website: www.bnp2tki.go.id. data ini BUKAN JAMINAN bahwa yang bersangkutan diterima bekerja di Korea.
Bagi berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat, akan diumumkan di website: www.bnp2tki.go.id untuk dilengkapi kekurangan persyaratanya, dan setelah itu agar pelamar mengirimkan kembali ke PO BOX 4451 JKTM, 12700. http://www.bnp2tki.go.id/biaya/351-informasi-penempatan-tki-ke-korea-program-g-to-g-ke-korea-.html
Perkiraan rincian untuk bekerja di Korea adalah sebagai berikut:
  1. Peserta mengikuti kursus / pelatihan Bhs Korea Persiapan Tes EPS-TOPIK / KLPT Biaya Rp 2.000.000,-
  2. Peserta mengikuti seleksi / tes KLPT. Tes ini dilaksanakan tiap setahun sekali / bisa setengah tahun sekali tergantung kebutuhan tenaga kerja di Korea. Untuk tahun 2013 ini tes KLPT belum dilaksanakan, kemungkinan dilaksanakan bulan Juni 2013. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, biaya tes sebesar Rp 150 ribu s.d 200 ribu.
  3. Bila peserta lolos tes KLPT, peserta akan menerima sertifikat KLPT dari HRD Korea, pengambilan sertifikat dilaksanakan di BP2TKI Provinsi tempat tes dilaksanakan.Sertifikat KLPT, paspor dan hasil medical check up serta dokumen lainnya dikirim via pos ke BNP2TKI Jakarta.
  4. Setelah data dikirim, data peserta akan dikirim ke Korea ( Sending Data )oleh pihak BNP2TKI. Proses sending data paling cepat 1 bulan sejak data dikirim ke BNP2TKI.
  5. Setelah proses Sending Data, peserta bisa menunggu di rumah untuk turunnya SLC ( kontrak kerja dari perusahaan ) dari HRD Korea. Bila SLC telah turun, peserta mengikuti pre eliminary training di Jakarta selama 1 minggu. Pada saat prelim, peserta membayar DP Biaya tiket pesawat sebesar 6,6 jutaan 
  6. Setelah pre eliminary, peserta tinggal menunggu jadwal terbang. Paling lambat 2 bulan sejak pre eliminary. Pada saat mau terbang, peserta melunasi biaya tiket sebesar Rp 3,3 juta. Jadi  biaya proses ke Korea Rp 9,9 juta / 10 jutaan. Bila peserta tidak ada biaya, ada pinjaman dari bank BRI sebesar Rp 10 juta melalui Program KUR BRI.

Jadi total biaya dari bimbingan belajar / diklat bhs Korea s/d berangkat ke Korea kira kira 13 jutaan rupiah. Uang saku selama hidup awal di Korea kira kira 5 jutaan rupiah.
Untuk informasi  lebih jelasnya silahkan kunjungi website resmi BNP2TKI

Artikel Lainnya :

Komentar
Comments
0 Comments

Silahkan tulis komentar anda

 

Rifuzzy Blogs Copyright © 2011 -- Template created by Blogger -- For Rifuzzy